Konfigurasi Mikrotik Filter Rules (Single IP)

Konfigurasi Mikrotik Filter Rules ( Single IP) 


Assalamualaikum wr.wb

Selamat malam buat kalian yang jarang diucapin selamat malam :v. malam ini saya akan membahas salah satu materi masih di Bab Firewall, judulnya memblokir web dengan filter rule, insyaallah materi ini bisa bermanfaat buat kita semua dan dengan segala keterbatasan saya dalam hal menulis dan membuat tutorial saya mohon maaf sebelumnya jika kata-kata saya agak berlibet wkw, ok mulai saja yuk.


A. Pengertian Filter Rules

    Filter Rules adalah menentukan apakah suatu paket data dapat masuk atau tidak ke dalam sistem mikrotik. atau dalam arti lain firewall juga bisa mem-block situs yang tidak diinginkan atau dalam kata lain saat salah satu client ingin membuka situs melalu router, maka firewall akan membentengi router dari situs-situs yang tidak diinginkan oleh servernya.

B. Alat dan Bahan

  • Mikrotik yang saya gunakan adalah RB-941 2nd
  • Koneksi Internet
  • Kabel UTP
  • Laptop ( Sebagai Client )
C. Tahap Konfigurasi

     Sebelum kita melakukan konfigurasi ada beberapa hal yang harus kalian tahu dalam mem-block situs kita memerlukan IP dari situs tersebut dan terbagi menjadi dua kriteria :
  • Single IP ( situs itu hanya memiliki satu IP)
  • Multiple IP ( memiliki satu atau lebih IP dalam satu situs )
Pada postingan ini saya akan mencoba dulu mem-block situs dengan menggunakan Satu IP saja ( Single IP ) Berikut caranya :


1. Pertama Pastikan Router sudah memiliki akses internet dan client juga sudah dapat akses internet

2. Cek IP dari situs dengan membuka cmd terlebih dahulu, lalu ketik : nslookup www.lazada.co.id ( sesuai situs yang ingin kita blok tapi memiliki satu IP ) Setelah itu enter saja dan akan muncul IP dari situs tersebut :


3. Setelah itu kita masuk ke router kita dan cari menu IP>firewall>filter rules> add(+)


4. Lalu masukan chain=forward (karna kita akan memblock yang melewati router) dst.address=45.116.91.1 (isikan IP situs yang tadi kita dapat kan/IP lazada.co.id) :


5. Masuk ke tab action dan isi-kan dengan action=drop(karna kita akan menolak/memblock nya) :


6. Sekarang kita cek dengan cara membuka situs yang tadi kita block dan jika browser itu hanya berputar-putar saja dan akan muncul pesan eror dan itu tandanya situs itu sudah berhasil kita block :






Gimana sudah bisa belum mem-block situs dengan mikrotik, mudah bukan .? ok pada postingan selanjutnya saya masih membahas filter rules tapi dengan situs yang memiliki 2 IP Address. Saya tutup lab ini dengan ucapan Alhamdulilah. semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Komentar