Block Remote Access : PING (ICMP)

Block Remote Access : PING (ICMP)


Assalamualaikum wr.wb

Selamat Malam Sobat Mikrotik Seluruh dunia, ketemu lagi sama saya admin blog ini wkwk kali ini saya akan membahas materi firewall yaitu sub-temanya adalah menjaga keamanan router dengan firewall, ok sebelumnya saya sudah membahas beberapa konfigurasi dan teori mengenai firewall dan untuk postingan ini saya akan lebih membahas tentang cara menjaga keamanan router dengan firewall ya untuk yang belom tahu cara akses mikrotik bisa lihat postingan saya Klik Disini

A. Latar Belakang

     Mikrotik router mempunyai beberapa services untuk cara mengaksesnya bisa kita lihat di menu IP > services




Untuk meminimalisasi user lain mencoba mengakses router menggunakan service tertentu, administrator jaringan bisa mematikan service yang dirasa tidak digunakan. Misal kita hanya butuh mengakses router via winbox dan telnet saja, maka kita bisa matikan service selain dua service tadi.


Pada Materi Ini saya akan mematikan services ping (ICMP) mari kita belajar bersama-sama.


B. Tujuannya


   Nantinya kita akan mematikan akses ICMP  jadi nanti jika ada user yang mencoba melakukan PING a maka dia tidak akan bisa atau aksesnya di drop oleh firewall.

C. Alat dan Bahan
  • Mikrotik RB-941-2nd
  • Laptop
  • Kabel UTP
Sebelum konfigurasi kita harus tahu dia itu mempunyai aturan protokol apa dan port berapakah dia .?

Pada Konfigurasi yang ini kita tidak perlu memasukan port karena ICMP tidak memiliki port.
Langsung Kita Mulai Saja :

1. Langkah pertama masuk ke menu IP >Firewall > Filter Rules > Add (+)


2. Setelah Itu Masukan chain=input, protocol=ICMP pada kolom dst-port kosongkan saja karena icmp tidak memiliki port :


3. Lalu Masuk Ke Tab action > Pilih Drop :


4. Coba Test PING Ke IP Router Kita melalui CMD, pastikan berhasil ya :

Tampilan Sebelum Kita Block :


Tampilan Sesudah Kita Block :



Jadi Kesimpulannya Konfigurasi ini maupun konfigurasi pada postingan sebelumnya sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian untuk menjaga keamanan router, mudah bukan hehe, lab ini saya tutup dengan ucapan Alhamdulilah. Selamat Belajar dan semoga berkah.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Komentar